sebutkan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara​

sebutkan manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara​

Jawaban:

membangun identitas nasional, mengatasi perbedaan, memelihara ketahanan nasional, dan mencapai kemajuan bersama.

Penjelasan:

Karena dalam konteks bangsa, persatuan dan kesatuan menjadi penting

Jawaban:

1. Mempermudah Mencapai Tujuan

2. Mengatasi Perbedaan dan Keragaman

3. Menjaga Keutuhan dan Keamanan Wilayah

4. Bisa Menghadapi Ancaman Eksternal

5. Lancarnya Pembangunan Negara

Penjelasan:

1. Mempermudah Mencapai Tujuan

Tujuan nasional bangsa Indonesia tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Jika seluruh masyarakat memiliki sikap persatuan dan kesatuan, maka tujuan bisa mudah tercapai. Tujuan nasional meliputi memajukan kesejahteraan, mencerdaskan, dan melaksanakan ketertiban dunia. Tak hanya itu, negara juga memiliki tujuan untuk mendapatkan pengakuan dan penghormatan negara lain. Persatuan dan kesatuan diharapkan dapat menjunjung tinggi kehormatan tanah air di mata internasional.

2. Mengatasi Perbedaan dan Keragaman

Di setiap masyarakat terdapat banyak perbedaan. Mulai dari perbedaan latar belakang, suku, ras, dan agama. Dengan persatuan dan kesatuan, maka kita bisa mengatasi perbedaan dengan lebih mudah. Ketika kita menanamkan sikap persatuan dan kesatuan, maka kita bisa menghindari konflik karena perbedaan. Contoh perilaku agar manfaat persatuan dalam kehidupan berbangsa bisa dirasakan, antara lain: Toleransi dalam hal beribadah, Tidak menjelekkan suku atau budaya lain, Ikut serta dalam gotong royong

3. Menjaga Keutuhan dan Keamanan Wilayah

Dengan persatuan dan kesatuan, maka masyarakat di lingkungan sekitar tidak mudah terpecah belah. Keutuhan dan keamanan wilayah tetap tercapai karena masyarakat tetap solid, rukun, dan saling toleransi. Misalnya lewat program ronda. Kegiatan ini tidak akan terlaksana jika tidak ada persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan harus dipupuk agar masyarakat bisa merasa aman. Saat ada persatuan dan kesatuan, tanpa sadar kita akan menjaga satu sama lain sehingga tak ada perpecahan.

4. Bisa Menghadapi Ancaman Eksternal

Persatuan dan kesatuan bisa bermanfaat untuk menghadapi segala ancaman dan gangguan pada negara. Misalnya, ketika muncul ancaman eksternal, seperti bencana alam atau serangan dari negara lain. Dengan begitu, rakyat Indonesia akan bersinergi, bersatu, dan menghadapi masalah itu bersama. Perilaku ini sebenarnya sudah dicontohkan oleh para pahlawan yang bersatu melawan penjajah hingga merdeka.

5. Lancarnya Pembangunan Negara

Sebagai negara yang masih berkembang, Indonesia terus melakukan pembangunan untuk jadi negara maju. Tidak hanya pembangunan infrastruktur, tapi juga pendidikan, kesehatan, energi, dan lainnya. Nah, pembangunan negara ini bisa berjalan lancar jika sikap persatuan dan kesatuan ini terus diterapkan. Ini terjadi karena semua orang merasa pembangunan yang dilakukan merupakan kebutuhan banyak orang. Dengan begitu, pembayaran pajak akan jadi lebih lancar hingga pembangunan berjalan dengan cepat.